Sabtu, 05 November 2011

Etika/Etiket yang Berlaku di Indonesia

Dalam kehidupan kita sehari-hari kita sering denger kata-kata etika, etiket dan moral. nah saya mau jelasin nih tentang etika, etiket dan moral. Yukk mari kita baca sama-sama....

1.Pengertian Etika.
Etika itu berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos punya banyak arti nih kayak : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha itu tuh adat kebiasaan. Arti dari bentuk jamak ini nih yang melatar-belakangi kebentuknya istilah Etika yang dipake Aristoteles buat ngasih liat filsafat moral. Jadi, secara etimologis (asal usul kata), etika mempunyai arti yaitu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan (kata om K.Bertens, 2000).
Biasanya nih kalo kita lagi dapet kesulitan buat mahamin arti dari kata maka kita akan nyari arti tuh kata dalam kamus. Tapi ternyata gak semua kamus nyantumin arti dari sebuah kata secara lengkap. Hal ntu dapet kita liat dari perbandingan yang dilakuin sama om K. Bertens terhadap arti kata ‘etika’ yang ada dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama dengan Kamus Bahasa Indonesia yang baru. Dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama (Poerwadarminta, sejak 1953 – mengutip dari Bertens,2000), etika mempunyai arti sebagai : “ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral)”. Sedangkan kata ‘etika’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang baru (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988 – mengutip dari Bertens 2000), punya arti kayak gini nih :
1ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak);
2kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak;
3nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

nah dari perbadingan kedua kamus ntuh keliatan deh bahwa dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama cuma ada satu arti aja yaitu etika sebagai ilmu. kalo Kamus Bahasa Indonesia yang baru memuat beberapa arti. Kalo kita misalnya lagi baca 1 kalimat di berita surat kabar “Dalam dunia bisnis etika merosot terus” maka kata ‘etika’ di sini bila dikaitin sama arti yang ada dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama ntuh gak cocok soalnya maksud dari kata ‘etika’ dalam kalimat ntuh bukan etika sebagai ilmu tapi ‘nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat’. Jadi arti kata ‘etika’ dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama gak lengkap.

2.Pengertian Moral
Istilah Moral berasal dari bahasa Latin. Bentuk tunggal kata ‘moral’ yaitu mos sedangkan bentuk jamaknya tuh mores yang masing-masing punya arti yang sama yaitu kebiasaan, adat. Bila kita bandingin sama arti kata ‘etika’, maka secara etimologis, kata ’etika’ itu sama kayak kata ‘moral’ soalnya kedua kata ntuh sama-sama punya arti yaitu kebiasaan,adat. kata kata lainnya nih ya, kalo arti kata ’moral’ sama kayak kata ‘etika’, maka rumusan arti kata ‘moral’ itu nilai-nilai dan norma-norma yang jadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam ngatur tingkah lakunya. Ada nih yang ngebedain tapi cuma bahasa asalnya aja yaitu ‘etika’ dari bahasa Yunani dan ‘moral’ dari bahasa Latin. Jadi kalo kita bilang bahwa perbuatan pengedar narkotika itu gak bermoral, maka kita nganggap perbuatan orang itu melanggar nilai-nilai dan norma-norma etis yang berlaku dalam masyarakat.

3.Pengertian Etiket
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ada beberapa arti dari kata “etiket” nih :
1.Etiket (Belanda) secarik kertas yang ditempelkan pada kemasan barang-barang (dagang) yang bertuliskan nama, isi, dan sebagainya tentang barang itu.
2.Etiket (Perancis) adat sopan santun atau tata krama yang perlu selalu diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik.
kalo diliat dan dipahamin banget, kita bakal tau kalo etika dan etiket itu punyai sangkut paut sama perilaku manusia kayak kita-kita nih. Kedua hal ntuh sebenarnya digunain buat ngatur perilaku manusia biar jadi pribadi yang baik dan normatif. Dalam hal ini, perilaku ntuh maksudnya tuh biar sesuai sama norma-norma yang ada dalam masyarakat kita. Disini, kita bakal jelasin perbedaan etika dan etiket, K. Bertens (2007:9), dengan baik jadi kita gak perlu salah kaprah dalam pemahaman ntuh.
1.Etiket itu menyangkut cara suatu pebuatan harus dilakuin manusia. Contohnya pas kita ngasih sesuatu ke orang lain kita harus pake tangan kanan. sedangkan etika menyangkut masalah apa tuh perbuatan boleh dilakuin ato gak. Contohnya nih larangan mencuri. “larangan mencuri” itu tuh suatu norma etika, apakah itu dicuri dengan tangan kiri atau kanan sama sekali gak relevan dalam hal ini. Gak ngaruh mao tangan kanan kek tangan kiri tetep aja nama nya nyuri, ya gak.
2.Etiket cuma berlaku dalam pergaulan, gak berlaku kalo gak ada orang lain ato saksi mata. Contohnya pas kita lagi makan. Kalo kita makan sambil ngomong ato ngangkat kaki itu dianggap ngelanggar kalo lagi makan bersama. Tapi kalo kita sendirian mah gak dianggap ngelanggar. Sedangkan etika gak tergantung ada ato gaknya orang lain. Terlepas ada ato gaknya orang lain kita tetap gak boleh nyuri.
3.Etiket itu sifatnya relatif. Yang dianggap gak sopan dalam suatu kebudayaan bisa jadi diterima di kebudayaan orang lain. Contohnya tahak pas makan. Sedangkan etika jauh lebih absolut. “larangan membunuh” adalah prinsip-prinsip etika yang gak bisa ditawar-tawar atau mudah diberi “dispensasi”.
4.kalo kita ngomong tentang etiket , kita cuma mandang manusia dari segi lahiriahnya aja, sedangkan etika menyangkut manusia dari segi dalam. Bisa aja orang tampil kayak “serigala berbulu domba”, di luar tuh sopan dan aluuuuuuuuuuus banget, eh pas di dalam penuh kebusukan. contohnya tuh tukang tipu.
Nah abis baca sedikit perbedaan yang ditulisin sama om K. Bertens di bukunya, Etika, tentunya kita bisa tarik kesimpulan bahwa ketika kedua istilah ini dicampur aduk tanpa mikir panjang kita bias dapat konsekuensi yang cukup besar. Bisa sampai fatal dari segi etis, kalo orang nganggap etiket aja apa yang sebenarnya termasuk lingkup moral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar