Minggu, 09 Mei 2010

Lingkungan Sehat, Rakyat pun Sehat

Akibat kualitas lingkungan yang memprihatinkan, kesadaran manusia tentang lingkungan sehat perlu digugah. Gerakan membangun sehat pun digalakkan. Deretan tumbuhan yang hijau, bersih dan tertata asri dengan udara yang menyebar tanpa debu adalah damba setiap manusia. Karena lingkungan sehat akan menghasilkan manusia-manusia yang sehat pula. Sudah menjadi kodratnya, manusia mencintai lingkungan sehat untuk menangkal bakteri jahat yang menggerogoti tubuh manusia. Manusia membutuhkan lingkungan sehat untuk kesehatan dirinya. Tetapi untuk mewujudkan hal itu ternyata tak mudah. Lihat saja, wajah sebagian kota-kota besar di Indonesia. Udara yang tidak sehat akibat polusi, taman kota yang meranggas akibat tak pernah dirawat, gundukan sampah betebaran denagn bau yang tak sedap, belum lagi sungai-sungai menghitam dipenuhi sampah dan limbah. Juga sumber-sumber mata air juga menurun kualitasnya ulah sebagian manusia. Padahal kualitas air yang baik, lingkungan yang sehat menjadi komponen yang penting untuk melahirkan manusia-manusia yang sehat pula.
Harus diakui, Indonesia memiliki tingkat kualitas air dan lingkungan yang cukup memprihatinkan. Data dari departemen Kehutanan menyebutkan 39 DAS (daerah aliran sungai) di Indonesia dalam keadaan kritis, 42% berada di Jawa dan 25% di Sumatera. Lebih dari 70% penduduk Indonesia menggunakan air, yang diambil dari sumber yang kemungkinan besar tercemar. Sementara data BPS 2000 menyebutkan 384 kota menghasilkan sampah 80.236,87 ton setiap hari. Sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) adalah 4,2%, dibakar 37,6%, dibuang ke sungai4,9%, dan tidak tertangani 53,3%.
Data tersebut jelas menggambarkan betapa kronisnya lingkungankita. Karena itu diperlukan kepekaan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih. Bila tak ada kesadarn dalam diri manusia, hal itu tak akan pernah terwujud. Membangun kesadaran inilah yang perlu. Karena itu perlu dibangun gerakan pembangunan lingkungan sehat dengan melakukan kerja nyata, sehingga mampu diserap dan ditiru oleh masyarakat.
Demi lungkungan yang sehat pula, sejumlah perusahaan melakukan gerakan membangun lingkungan sehat. Seperti membersihkan kali ciliwung, melakukan penanaman pohon, menata taman kota dan sebagainya. Pemerintah daerah juga melakukan benah diri mewujudkan lingkungan sehat yang nantinya akan berimbas mengahasilkan rakyat yang sehat pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar